Iklan

Inilah 5 Aplikasi yang Dibekali Kecerdasan Buatan (Artifical Intellegence) yang Dapat Membantu Rutinitasmu

admin
25 Maret 2021, 02:26 WIB Last Updated 2021-10-29T17:02:49Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Foto : Inilah 5 Aplikasi yang Dibekali Kecerdasan Buatan (Artifical Intellegence) yang Dapat Membantu Rutinitasmu/ Net.

AsupanKita.com - Aplikasi Yang Dibekali Kecerdasan Buatan. Teknologi bukanlah hal yang asing di dengar oleh kita pada zaman sekarang. Bagaimana tidak, banyak teknologi yang digunakan oleh kita atau bahkan sekitar kita. Contoh kecilnya saja smartphone. Setiap hari kita menggunakan smartphone kapanpun dan dimanapun kalian berada.

Nah seiring cepatnya zaman berlalu, tidak mengurangi kecepatan inovasi yang dibuat oleh setiap orang di zaman ini. Setiap hari pasti ada saja inovasi teknologi yang tercipta di dunia ini. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa masa depan yang kita bayangkan terkait teknologi yang super mewah dan membantu tidak akan selama yang kita perkirakan.

Salah satu terobosan teknologi yang sudah ada namun tidak kita ketahui adalah AI. AI sendiri singkatan dari Artifical Intellegence atau yang biasa kita kenal dengan kecerdasan buatan. Artifical Intellegence adalah salah satu teknologi yang selalu membantu kita ketika menggunakan smartphone. Nah Kali ini Asupankita akan memberikan 5 Aplikasi yang menggunakan teknologi AI dalam pengoprasiannya.


1. Maps

Siapa yang selalu tersesat ketika bepergian ke suatu tempat yang belum pernah dilewati sebelumnya? Jika pernah, kalian tidak sendiri kok. Nah, pada zaman ini jika kalian ingin berkunjung suatu tempat namun yang belum pernah kalian datangi. Kalian bisa menggunakan yang namanya Navigasi. Banyak aplikasi yang menyediakan fitur navigasi ini. Contohnya, Google Maps.

Aplikasi Navigasi dapat memberi tahukan petunjuk bagaimana sampai ke suatu tempat yang kalian tuju dengan bantuan Artifical Intellegence. Oleh karena itu, sistem Navigasi tidak akan memberikan petunjuk secara asal. Biasanya petunjuk yang akan diberikan kepada pegguna adalah jalan tercepat yang bisa mengantarkan kalian hingga ke tujuan.

Dengan dibantu GPS dan Informasi dari pengguna sekitar jalan yang akan kalian lewati. Biasanya kalian akan mendapatkan informasi seperti kecelakaan, jalan buntu, dan hal lainnya secara Real-time. Eits… Jangan berfikir setelah kalian mendapatkan informasi bahwa jalan utama terhambat, kalian harus putar balik. Aplikasi Navigasi biasanya telah menyiapkan rute alternatifnya lohh.


2. Translate

Ketika zaman sebelum berkembangnya teknologi. Kita membaca salah satu kalimat asing yang kita tidak tahu artinya. Kita akan langsung membuka buku kamus terkait Bahasa yang sedang kita baca. Dan hal itu pun sangatlah merepotkan, karena kita harus mencari satu per satu kata yang berada di kamus tersebut.

Nah, pada zaman ini. Ketika kalian mendapati Bahasa yang kalian tidak mengerti, kalian langsung membuka aplikasi Translator. Ya, aplikasi ini berguna untuk menerjemahkan Bahasa yang kalian tidak mengerti. Bukan hanya satu atau dua Bahasa. Banyak Bahasa yang bisa kalian terjemahkan dengan menggunakan aplikasi translator ini.

Namun bagaimana aplikasi Translator mengetahui terjemahan dari kata yang kita maksud? Tentunya Artifical Intellegence. Dengan dibantunya AI, kalian dengan mudah terbantu menerjemahkan kalimat yang kalian tidak mengerti dalam hitungan detik.

Pada saat ini, aplikasi translator menambahkan fitur yang sangat membantu untuk kita. Jika sebelumnya untuk menerjemahkan, kita harus menulis kata terlebih dahulu di kolom yang disediakan oleh translate. Sekarang, kalian bisa menerjemahkannya dengan cara memotret kalimat yang kalian tidak mengerti itu.

3. Voice Command

Ok Google, Hi Siri, Hi Bixby adalah Voice Command yang tersedia di beberapa smartphone. Oke Google adalah Voice Command yang hanya tersedia di smartphone Android, Hi Siri adalah Voice Command yang hanya tersedia di iOS, dan Hi Bixby adalah Voice Command yang tersedia di smartphone Samsung. Tapi sebenarnya masih banyak Voice Command yang tersedia selain yang telah disebutkan.

Lalu apa sih itu Voice Command? Voice Command adalah salah satu fitur yang diciptakan untuk memerintahkan gadget tertentu yang kita punya dengan menggunakan suara. Lalu bagaimana Voice Command bisa menangkap kalimat yang telah kita ucapkan? Artifical Intellegence. Ya, ketika kalian mengakifkan Voice Command, aplikasi akan menerima gelombang suara yang ditangkap oleh microphone yang tersedia di smartphone kalian, lalu mengubahnya menjadi teks dari kalimat yang kalian ucapkan. Canggih bukan?


4. Social Media

Apa benar Sosial Media menggunakan Artifical Intellegence? Jawabannya ya. Mungkin bagi beberapa pengguna, mereka tidak sadar bahwa social media menggunakan bantuan dari AI. Contohnya, ketika kalian sedang berselancar di social media, kadang kalian menemukan iklan atau postingan yang memang sedang kalian minati.

Lantas mengapa social media tahu bahwa memang itu yang sedang dicari? Jawabannya yaitu Artifical Intellegence. AI akan mengumpulkan data dari postingan yang sering kalian klik. Setelah data tersebut dikumpulkan, AI akan memberikan konten yang relevan dengan hasil pengumpulan data tadi.

Bukan hanya itu, ketika kalian menggunakan beberapa fitur yang tersedia di aplikasi tersebut misalkan filter yang berada di Instagram. Mengapa filter tersebut bisa mengikuti arah wajah kalian seolah-olah memang filter yang kalian gunakan itu nyata? Karena AI akan mendeteksi wajah kalian dan menandai tata letak wajah sampai akhirnya menyelaraskan filter yang sedang kalian gunakan.

5. Music App

Sama seperti Social Media. Aplikasi streaming musik pun memiliki bantuan Artifical Intellegence untuk membantu penggunanya mendapatkan pengalaman musik yang sempurna. Contoh dari Artifical Intellegence yang berada di Musik App adalah ketika kalian menyukai suatu musik yang bergenre jazz, lalu ketika kalian membuka aplikasi musik yang kalian gunakan. Seketika musik yang disarankan adalah musik jazz. Hal tersebut adalah buah hasil dari pengumpulan data oleh AI yang ada di aplikasi tersebut.


Penutup
Demikian artikel yang berjudul 5 Aplikasi Yang Dibekali Kecerdasan Buatan Ini Bisa Membantu Rutinitas Kamu Loh! ini kami susun. Semoga bermanfaat, dan dapat dijadikan bahan rujukan sebagai bahan rujukan informasi tentang Artifical Intellegence. Terima kasih.
Komentar

Tampilkan

Terkini